PPT dalam 30 menit

Published 25 Maret 2015 by srikarimah

eHaaaaayyy hallo minna bertemu lagi dengan saya Teh SiSri di berbagi seputar Praktikum.

Praktikum kemarin membahas mengenai Aplikasi Power Point. Kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat Power Point atau yang memiliki nama beken PPT ini. Karena saya yakin teman-teman semua sudah mahir membuat ppt. Begitupun saya, Setiap tugas Kelompok yang nantinya ada Presentasi, saya paling senang kalo kebagian tugas membuat ppt. Disitu saya bisa mengungkapkan isi hati saya lewat animasi-animasi atau gambar-gambar yang terdapat disetiap slide. kalo boleh jujur, saya adalah tipe orang yang tidak suka kata “SIMPLE”. ga heran jika dalam beberapa ppt yang saya buat sering terlihat rempong dan ramai.

Teman-teman tentunya tahu dong fitur-fitur apa saja yang bisa dipakai dalam ppt. Kalo temen-temen lupa, saya jelasin sedikit deh. Fitur-fitur tersebut diantaranya :

  • Insert -> untuk menyisipkan gambar, video, atau musikp6
  • Design -> untuk mengubah atau mengedit Backgroundp60
  • Transition -> untuk membuat animasi dalam pergantian slidep601
  • Animation -> untuk membuat animasi pada kalimat atau gambar ketika akan ditampilkanp602
  • Slide show -> untuk menampilkan ppt dan mengedit cara tampilannya. misal tampilan secara otomatis atau dengan menggunakan klik (mouse) serta jeda/ waktu dalam setiap tampilan.p603

sebenarnya masih banyak fitur dari Ppt, tapi yang saya inget cuma segitu :3.

oke itu sekilas pemahaman seputar Power point. Sebenarnya bukan itu sih tugasnya 😀 Tugas sesungguhnya adalah menceritakan pengalaman praktikum Penerapan komputer minggu lalu. Ada beberapa pengalaman yang saya dapatkan dari praktikum minggu lalu, diantaranya :

  • Dalam pembuatan PPT buatlah powerpoint tersebut seindah mungkin dan seKreatif mungkin (itu sih saya jagonya B-) ) agar penonton/ peserta tidak bosan dengan slide yang ditampilkan dan informasi yang ditampilkan
  • PPT yang kreatif tidak selalu harus punya banyak animasi karena bisa membuat konsentrasi penonton/ peserta teralihkan pada animasi tersebut bukan pada materi yang disampaikan (itu sulit bagi saya -_- )
  • Membuat ppt dengan materi mengenai disiplin ilmu departemen masing-masing. (pikiran saya langsung tertuju pada teori Psikososial Erikson). Dalam batin “itusih gampang”. ppt dibuat dalam waktu 30 menit. buatlah seKreatif mungkin sesuai prosedur diatas ( gunakan animasi, transisi,dll )  maksimal 12 slide!!……………

*30 menit?? yang bener aje!! membuat suatu maha karya ga semudah itu kali mas -_- mana syaratnya banyak banget lagi 😦 . tapi semua pekerjaan tidak akan selesai dengan hanya mengeluh saja. saya terima tantangan mu mas!! 😀 meskipun akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas tersebut, tapi masih ada kekurangpuasan dalam batin karena merasa belum kreatif dalam pembuatan pptnya.

berhubung internetnya sedang tidak bersahabat, saya ga bisa menampilkan ppt yang kemarin dibuat -_- mungkin next post akan saya tampilkan hasil mahakarya ppt dalam 30 menit tersebut 😀

see you 😉 😀

Tinggalkan komentar